Kamis, 28 Juli 2016

Cara Hemat Kuota Internet saat Bermain Pokemon Go

Pada tanggal 6 Juli 2016 akhirnya games Pokemon Go resmi dirilis untuk Android dan iOS, tapi masih terbatas hanya untuk beberapa negara seperti Amerika, Australia, Selandia Baru dan Jepang.

Untuk sobat yang tinggal di Indonesia tidak usah khawatir, sebab masih bisa memainkan games ini dengan cara download file APK nya. Panduan lengkapnya bisa sobat lihat di artikel sebelumnya tentang cara download games Pokemon Go atau cara mudah instal Pokemon Go di iOS.

Pokemon Go merupakan games dengan berbasis Augmented Reality, sehingga untuk memainkannya sobat harus menggunakan koneksi internet. Agar kuota internet tidak cepat habis, berikut ini kami sajikan informasi bermanfaat tentang cara hemat kuota internet saat bermain Pokemon Go.

Ketika seseorang bermain Pokemon Go, mereka diharuskan untuk berjalan-jalan di dunia nyata untuk menangkap monster pokemon. GPS dan koneksi internet tentu saja menjadi sarat utama agar sobat bisa memainkan games ini, tentu saja hal ini akan berdampak borosnya kuota internet yang sobat gunakan.

Penggunaan data untuk bermain Pokemon Go per jam sekitar antara 2 MB sampai 8MB ini merupakan database dari Pokemon Go. Penyebab boros kuota ketika main Pokemon Go adalah data yang digunakan untuk menampilkan peta. Sebab harus memperbaharui data peta tempat sobat berada secara terus menerus.

Untuk mengatasi masalah tersebut dan meminimalisir penggunaan kuota internet, maka sobat bisa mengunduh peta lokasi kota sobat. Untuk menampilkan peta dan menemukan lokasi dimana sobat berada, games Pokemon Go sangat bergantung pada API Google Maps. Di games Pokemon Go memang tidak terdapat pilihan untuk men-download peta offline. Sobat dapat langsung buka aplikasi Google Maps di smartphone sobat, nanti sobat akan menemukan pilihan untuk area offline kemudian unduh menggunakan koneksi WiFi atau jaringan seluler.


Setelah mengunduh peta offline, kini bermain Pokemon Go akan lebih hemat internet dan juga hemat penggunaan baterai. Namun harap di ingat  dengan mengunduh peta offline bukan berarti sobat bisa bermain Pokemon Go secara offline, sobat tetap diharuskan online untuk menemukan PokeStop, Gym, dan monster Pokemon liar di sekitar sobat. Cara yang dilakukan diatas setidaknya merupakan langkah sederhana untuk menghemat kuota data internet sobat dan menghemat penggunaan batterai smartphone sobat. Semoga tips ini dapat membantu sobat yang sedang tergila-gila dengan games Pokemon Go, selamat mencoba!

Tidak ada komentar:
Write komentar